Senin, 06 Januari 2014

Halo, Anak Matematika!

Halooo! Anak Matematika yang kece abis. Hari ini saya mau berbagi sedikit pengetahuan tentang Matematika. Kalian sudah pada tahu belum darimana kata Matematika itu berasal? Matematika itu berasal dari bahasa Yunani yaitu "μαθηματικά - mathēmatiká", yang artinya studi besaran, ruang dan struktur. Nah, kalian tahu tidak kalau Matematika itu sudah ada dan menjadi kegiatan manusia sejak ada rekaman tertulis. 


Matematika selalu berkembang dan berkembang. Kini, Matematika digunakan diseluruh dunia dalam segala bidang seperti ilmu alam, kedokteran, teknik, sosial dan lain sebagainya. Kehidupan kita ini juga tidak terlepas dari yang namanya Matematika. Matematika itu muncul pada saat kita menghadapi masalah-masalah dalam kehidupan. Misalnya, masalah dalam pengukuran tanah, perdagangan, dan astronomi. Semua masalah itu bisa kita selesaikan dengan konsep Matematika itu sendiri. 

Tetapi terkadang, Matematika itu hanya bersesuaian dengan wilayahnya sendiri. Maksudnya, persoalan Matematika itu bisa diselesaikan dengan konsep Matematika yang sesuai dengan masalah tiu sendiri. Misalnya, kita mau mengukur suatu volume kubus, kita harus memakai konsep menghitung volume. Kita tidak boeleh lari dari konsep masalah itu sendiri. 
Mereka yang berminat dengan ilmu Matematika seringkali menjumpai suatu aspek estetika tertentu dari Matematika itu sendiri. Banyak Matematikawan berbicara tentang keanggunan Matematika, makna yang tersirat dalam Matematika, dan keindahan didalamnya. Sifat kesederhanaan dan keumumannya dihargai. Terdapat keindahan dalam kesederhanaan yang dibuktikan Matematika.semisal bukti euclid yakni bahwa terdapat tak-terhingga banyaknya bilangan prima, dan di dalam metode numerik yang anggun bahwa perhitungan laju, yakni transformasi Fourier cepat G.Hardy di dalam A Mathematician's Apology mengungkapkan keyakinan bahwa penganggapan estetika ini, di dalamnya sendiri, cukup untuk mendukung pengkajian matematika murni.
Kepopuleran Matematika itu sendiri ialah kegembiraan seseorang ketika bisa menyelesaikan soal-soal yang di hadapinya.

Bagaiamana? Matematika itu istimewa kan :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar